Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Factor CF Berbasis web dan Android

Certainty Factor merupakan metode untuk menampung pernyataan-pernyataan dari seorang ahli dalam penyampaiannya. Hasil analisis mendeskripsikan tingkat kepercayaan ahli terhadap masalah yang dihadapi. Certainty Factor berfungsi untuk mengakomodasi ketidakpastian pemikiran (inexact reasoning) seorang pakar. Certainty Factor menyatakan kepercayaan dalam sebuah kejadian (fakta atau hipotesa) berdasar bukti atau penilaian pakar .

Certainty Factor digunakan untuk menyatakan seberapa akurat, jujur, atau dapat diandalkan dalam menilai suatu predikat. Certainty factor menggunakan suatu nilai untuk mengasumsikan derajat keyakinan seorang pakar terhadap suatu data. Metode certainty factor digunakan untuk menghadapi suatu masalah yang jawabannya tidak pasti. Ketidakpastian ini bisa merupakan probabilitas. Certainty Factor menggunakan suatu nilai untuk mengansumsikan derajat keyakinan seorang pakar terhadap suatu data .

Metode Certainty Factor memiliki kelebihan yaitu pada perhitungan dengan metode ini hanya dapat mengelola dua data saja dalam sekali hitung sehingga keakuratan data dapat terjaga. Metode Certainty Factor cocok dipakai dalam sistem pakar untuk mengukur sesuatu apakah pasti atau tidak pasti dalam mendiagnosa penyakit sebagai salah satu contohnya .

Suatu sistem pakar seringkali memiliki kaidah lebih dari satu dan terdiri dari beberapa premis yang dihubungkan dengan AND atau OR. Pengetahuan mengenai premis dapat juga tidak pasti, hal ini dikarenakan besarnya nilai (value) CF yang diberikan oleh pasien saat menjawab pertanyaan sistem atas premis (gejala) yang dialami pasien atau dapat juga dari nilai CF hipotesa. Formula CF untuk beberapa kaidah yang mengarah pada hipotesa yang sama .

Perhitungan Certainty Factor dari setiap masukan gejala pengguna. Kelas yang dipilih dari proses klasifikasi adalah implementasi dari Certainty Factor untuk menemukan nilai kepastian. Proses ini diulangi masing-masing dari dua gejala masukan menggunakan rumus berikut :

CF[H,E] = CF[H} * CF[E] 

Informasi :

CF[H,E] : Certainty Factor dalam hipotesa (H) yang dipengaruhi oleh Fakta (E)

H : Hipotesa atau asumsi awal terhadap gejala

E : Evidence atau fakta dan peristiwa yang dialami user terhadap gejala Selanjutnya adalah melakukan kombinasi nilai CF dari masing-masing gejala.

Dengan Rumus sebagai berikut :

CF Combine [H,E]1,2 = CF[H,E]1 + CF[H,E]2 * (1 - CF[H,E]1) (2) CF

Combine [H,E]old,3 = CF[H,E]old + CF[H,E]3 * (1 - CF[H,E]old) (3)

 

Informasi :

CF Combine [H,E]1,2 : Kombinasi dari CF[H,E]1 dan CF[H,E]2

CF Combine [H,E]old,3 : Kombinasi dari perhitungan CF[H,E]old atau CF[H,R]1,2 dengan CF[H,E]3

Perhitungan Kombinasi antar CF ini akan terus dilakukan sampai gejala yang diinputkan oleh user berakhir. Setelah melakukan kombinasi antar CF dan menemukan nilai keyakinan, berikutnya adalah mengubah nilai keyakinan menjadi presentase keyakinan dengan rumus :

CF = CFold n * 100% 

Informasi : CFold n : CF Combine terakhir dari kemungkinan gejala yang ada

 

Berikut Pengimplementasian Metode Certainty Factor (CF) Pada  Sistem Pakar Menggunakan Web dan Android

 

Untuk Screenshoot Android menyusul ya.. 

image

Mazadie

Assalamualikum .. Saya adalah Seorang Web Developer Asal Riau.

Komentar